728x90 AdSpace

  • Latest News

    Powered by Blogger.
    Thursday, December 18, 2014

    Obat Tradisional Untuk Mengatasi Demam Pada Anak

    Demam adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh anak-anak dimana suhu tubuh anak melebihi 37° C. Panas atau demam pada anak jika tidak segera diatasi akan menyebabkan efek yang tidak baik bagi kesehatan anak seperti kejang-kejang dan lain-lain. Hal inilah yang mengakibatkan kekhawatiran pada dan kecemasan pada orang tua.
    Sebagai pertolongan pertama, biasanya orang tua memberi anak obat penurun panas yang dijual dipasaran dengan bahan dasar kimia seperti asam salisilat, parasetamol dan lain-lain. Jarang sekali orang tua yang memberikan pertolongan pertama dengan memberinya obat tradisional yang diramu sendiri.
    Padahal obat tradisional yang dibuat dari bahan alami dari alam tidak kalah ampuhnya untuk mengatasi demam pada anak dan menjaga kesehatan anak. Selain itu, obat tradisional juga jauh lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Selain aman juga lebih murah dan mdah didapat. Berikut ini adalah obat tradisional untuk mengatasi demam pada anak :


    1. Jeruk Nipis

    Caranya : Siapkan jeruk nipis kurang lebih ½ buah, kuning telur ayam kampung 1 butir dan madu secukupnya. Kemudian peras jeruk nipis dan tambahkan dengan air panas ½ gelas. Aduk semua bahan sampai rata dan berikan pada anak dua kali, sekali minum ¼ gelas.

    2. Kunyit

    Caranya : Siapkan 1 butir kuning telur ayam kampung, sedikit kapur sirih dan perasan kunyit. Campur semua bahan menjadi satu sampai rata dan tambahkan dengan sedikit air panas. Minumkan sedikit demi sedikit pada anak.

    3. Bawang Merah

    Cara mengatasi demam pada anak dengan bawang merah adalah parut bawang merah kemudian beri sedikit minyak kelapa. Balurkan pada badan anak secara merata.

    4. Temulawak

    Temulawak adalah bahan alami yang sering digunakan untuk membuat obat tradisional, salah satunya adalah obat penurun demam pada anak karena temulawak mengandung zat aktif xanthorrhizol, germacrene dan alpha betha curcumena serta masih banyak lagi.

    5. Daun Kembang Sepatu

    Daun kembang sepatu mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoida dan polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan demam pada anak.

    6. Air Kelapa Muda

    Pada saat anak mengalami demam atau panas, tubuh akan banyak kehilangan cairan berupa keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Air kelapa muda bermanfaat untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut karena pada air kelapa muda mengandung banyak mineral dan kalium.

    Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi demam pada anak, selain aman untuk kesehatan anak bahan alami ini juga mudah didapat. Jadi bunda tidak perlu panik lagi jika anak mengalami deman. Namun, jika demam pada anak tidak kunjung turun, sebaiknya segera bawa anak ke dokter. Salam sehat selalu.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Obat Tradisional Untuk Mengatasi Demam Pada Anak Rating: 5 Reviewed By: Bahar.Nor
    Scroll to Top